Pesta Tahunan Para Leluhur di Bendungan Lajaroko, Bupati Soppeng Minta Adat Pattaugeng Untuk Dilestarikan
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Pesta Tahunan Para Leluhur di Bendungan Lajaroko, Bupati Soppeng Minta Adat Pattaugeng Untuk Dilestarikan

    Kabartujuhsatu
    Senin, 25 September 2023, September 25, 2023 WIB Last Updated 2023-09-25T23:53:01Z
    masukkan script iklan disini


    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE menghadiri acara Pesta Adat Pattaungeng Kecamatan Marioriawa Kab. Soppeng dengan tema “Dengan pesta adat kita lestarikan budaya lokal, mendukung perekonomian petani, Penguatan demokrasi politik, pemeliharaan ketertiban dan keamanan”, bertempat di Bendungan Lajaroko, Kelurahan Manorang Salo, Kecamatan Mario Riawa. Senin, 25 September 2023.


    Asmuri S. Pd selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini untuk melestarikan nilai budaya serta sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen kita.



    Kegiatan ini dilaksanakan selama beberapa hari, mulai dari tanggal 21 s/d 25 September 2023 dengan berbagai rangkaian acara yaitu pesta Mappadendang, prosesi adat di Makam Datu Mario dan kegiatan pesta adat hari ini merupakan puncak kegiatan acara ini. Kami berharap agar acara seperti ini dapat terus dilestarikan.



    Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya. Atas nama pemerintah daerah Kab.Soppeng, saya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Kec.Marioriawa atas perhatian yang luar biasa, karena disepanjang jalan kesini banyak telur maulid yang dipajang didepan rumahnya masing-masing. Dan terkait dengan acara pesta Adat Pattaungeng yang merupakan warisan budaya dari para leluhur juga merupakan sebuah media untuk mempertemukan kita semua di tempat ini.


    Selain itu, acara pattaungeng juga mempunyai maksud dan tujuan sebagai ungkapan syukur kita terhadap rezeki yang diberikan Allah SWT walaupun dengan cara pesta adat Pattaungeng seperti ini, namun pada hakikatnya ini adalah tanda kesyukuran yang diisi dengan kegiatan budaya, karena adat dan budaya tidak bisa dipisahkan.


    Oleh karena itu, acara adat Pattaungeng ini patut dilestarikan dan dipertahankan karena merupakan budaya lokal. Jika bukan kita, siapa lagi karena tidak semua orang mampu menjaga komitmen dalam mempertahankan warisan budaya para leluhur.


    Turut hadir pada kegiatan ini, Ketua DPRD Kab. Soppeng, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Camat Marioriawa, para Kepala Desa/Lurah dan para kelompok tani, tokoh masyarakat se Kecamatan Marioriawa.


    Sumber: Humaskabsoppeng

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini