Peserta Didik SDN 3 Lemba Kabupaten Soppeng Belajar di Pasar !
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Peserta Didik SDN 3 Lemba Kabupaten Soppeng Belajar di Pasar !

    Kabartujuhsatu
    Senin, 02 Oktober 2023, Oktober 02, 2023 WIB Last Updated 2023-10-02T11:30:58Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Ujian Tengah Semester telah usai, bukan berarti tuntas pula proses belajar mengajar bagi para pelajar di SDN. 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng terkhusus kelas 4. 

    Setelah Ujian Tengah Semester ada jeda kekosongan aktivitas menuju Minggu efektivitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selanjutnya. 

    Nah di sini kelas 4.B SD Negeri 3 Lemba kabupaten Soppeng mengisi hal yang sangat bermanfaat yaitu berinisiatif untuk melakukan "rekreasi edukasi" dalam artian kegiatan kolaborasi antara lingkungan sekolah dan di luar sekolah yang menyenangkan tetapi mengandung pembelajaran atau edukatif.

    Kali ini, wali kelas 4.B Andi Rahmayuddin, S.Pd atau yang sering disapa Andi Rahman Sulo mappatappa menawarkan kepeserta didik untuk membuat jajanan sehat yaitu pisang keju buatan sendiri dengan persyaratan bahan dan perlengkapan disiapkan sendiri. Dalam kegiatan ini ada beberapa kegiatan kolaborasi yang bisa mereka ketahui yaitu mengenal “Pasar Tradisional dan Pasar Modern”.

    Pasar Tradisional yang dikunjungi ialah Pasar wijaya, sedangkan untuk pasar modernnya mengunjungi Toko Tessiabeng yang menjual bahan bumbu kue lengkap. 

    Ada beberapa aktivitas yang dilakukan siswa diantaranya taking video, wawancara, mencatat hasil wawancara, dan dokumentasi dengan beberapa narasumber.

    Adapun kunjungan ini memudahkan siswa dalam mengetahui perbedaan pasar tradisional dan pasar modern, seperti dimana pasar tradisional siswa bisa menawarnya dan melakukan interaksi secara langsung, sedangkan di pasar modern siswa disuguhkan berbagai macam produk tanpa menawar dengan harga yang sudah terpasang di produk.

    Di pasar modern siswa mudah dalam memilih produk yang diminati karena penataannya yang rapi dan transaksi pembayarannya dilakukan di tempat tersendiri berbasis digital, sedangkan di pasar tradisional siswa perlu mencari produk yang diminati dengan model transaksi yang masih bersifat manual.

    Setelah berpetualang di luar lingkungan sekolah, para peserta didik kelas 4B memulai kegiatan kedua yaitu mengolah hasil belanjaannya yaitu membuat pisang goreng keju. 

    Disamping kegiatan ini, para peserta didik secara tidak langsung mereka ditanamkan jiwa kewirausahaan dengan mengolah pisang menjadi jajanan pisang keju dan belajar bersama-sama bagaimana cara membuatnya serta bisa dijual kepada kelas-kelas lain.

    Dari kegiatan ini, Siswa diharapkan memiliki jiwa kewirausahaan salah satunya dengan berbisnis membuat pisang keju.

    Melalui kegiatan ini juga, karakter-karakter profil pelajar pancasila bisa terasah seperti gotong royong, membangun kreativitas, secara mandiri mampu membuat sebuah produk yang dapat bernilai jual. 
    Kegiatan yang mereka lakukan, justru menjadi hal yang menyenangkan bagi semua siswa.

    Semoga kedepannya menjadi kegiatan yang ditunggu tunggu bukan menjadi hal yang menakutkan bagi semua siswa. Sehingga siswa lebih senang menjalani aktivitas di sekolah. Dengan terobosan-terobosan baru yang disuguhkan SD Negeri 3 lemba berupaya yang terbaik demi mencetak generasi muda yang cerdas dan berakhlaq mulia.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini