Polres Soppeng Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober Dipimpin Kabag SDM Kompol Ahmad Rosma
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Polres Soppeng Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober Dipimpin Kabag SDM Kompol Ahmad Rosma

    Kabartujuhsatu
    Minggu, 01 Oktober 2023, Oktober 01, 2023 WIB Last Updated 2023-10-01T20:20:59Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Polres Soppeng melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju" yang dilangsungkan dihalaman Mapolres Soppeng jalan Kemakmuran Kelurahan Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, Ahad/ Minggu 01 Oktober 2023.

    Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kabag SDM Polres Soppeng Kompol Ahmad Rosma S.H dan Komandan Upacara Kbo Sat Narkoba Ipda Amat Yani dan Kasat Samapta Akp Didid Rukminto Putranto selaku Perwira Pelapor

    Dalam kegiatan juga dilaksanakan Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Naskah UU Dasar 1945, Pembacaan Naskah Ikrar, serta pembacaan Naskah Doa.

    Untuk Diketahui 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, Peringatan tersebut merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan revolusi yang gugur pada 30 September.


    Adanya penetapan Hari Kesaktian Pancasila dilatarbelakangi oleh kejadian insiden pembantaian yang terjadi pada tanggal 30 September. 

    Tepatnya tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila, yang pada hari tersebut Pancasila memiliki kesaktian yang tak bisa digantikan oleh paham apapun.

    Peringatan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila, memang tak lepas dari Gerakan 30 September 1965 oleh PKI yang menyebabkan 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD gugur. Enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat menjadi korban dalam Gerakan 30 September.

    Presiden Soeharto kala itu pada tanggal 1 Oktober 1965 menetapkan bahwa tanggal 1 Oktober setiap tahun itu di peringati sebagai hari kesaktian Pancasila.

    (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini