Karya SDN 3 Lemba Dinobatkan Sebagai "Video Inspiratif 2023" di Ajang Gala Kreasi Video Kampanye Sekolah Sehat tingkat Nasional
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Karya SDN 3 Lemba Dinobatkan Sebagai "Video Inspiratif 2023" di Ajang Gala Kreasi Video Kampanye Sekolah Sehat tingkat Nasional

    Kabartujuhsatu
    Rabu, 22 November 2023, November 22, 2023 WIB Last Updated 2023-11-23T12:09:42Z
    masukkan script iklan disini

    Jakarta, Kabartujuhsatu.news, Pemerintah Kabupaten Soppeng provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng semakin mempertajam mutu pendidikannya itu terbukti dengan keberadaan duta guru hebat yang tidak pernah absen setiap tahun menjadi utusan provinsi ke kanca Nasional, salah satunya tahun ini SDN 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng satu satunya dari Provinsi Sulawesi Selatan diutus untuk mengikuti ajang lomba Gala Kreasi Video Kampanye Sekolah Sehat Tahun 2023 setelah menyisihkan ratusan pesaing sekolah yang ada di Sulsel.

    Lomba Gala Kreasi Video Kampanye Sekolah Sehat 2023 diselenggarakan oleh Kemendikbudristek Direktorat Sekolah Dasar yang berlangsung selama 3 hari mulai 21 s.d 23 November 2023 di The Sultan Hotel & Residence Jakarta Jl. Gatot Subroto Jakarta Pusat. 

    Kegiatan ini merupakan dalam rangka memberikan motivasi kepada satuan pendidikan dalam mengimplementasikan tiga sehat yaitu Sehat Bergizi, Sehat Fisik dan Sehat Imunisasi.

    Kepala SDN.3 Lemba, Falmunadi, S.Pd merupakan utusan Provinsi Sulawesi Selatan hadir langsung dalam kegiatan Gala Kreasi Video Kampanye Sekolah Sehat.

    Ia mengatakan bahwa, pencapaian kami menjadi peserta di tingkat Nasional itu amat sangat luar biasa dan kebanggaan terbesar bagi kami karna berhasil dinobatkan sebagai "Video Inspiratif Gala Kreasi Video KSS 2023", dimana pada ajang video Kampanye Sekolah Sehat (KSS) merupakan video yang menggambarkan praktik baik implementasi sebagian atau seluruh fokus kampanye sekolah sehat di satuan pendidikan dengan tema “Sekolah Sehat, Generasi Hebat”.

    Kegiatan ini merupakan ajang pemberian apresiasi kepada satuan pendidikan yang telah melakukan aktivasi atau mengimplementasikan 3 (tiga) sehat

    Dalam hal ini, pencapaian yang kami raih tentu tidak lepas dari tangan kreatif yaitu team produksi gala kreasi video Andi Rahmayuddin,S.Pd (Andi Rahman Sulo) yang sudah mensetting video sedemikian rupa sesuai dengan juknis yang dikeluarkan oleh panitia. Ungkap Falmunadi!. Kamis (23/11/2023).


    Dilaporkannya juga bahwa ajang video kreasi ini diikuti sebanyak 2.218 Satuan Pendidikan dari seluruh jenjang pendidikan se-Indonesia mengikuti lomba Gala Kreasi Video Kampanye Sekolah Sehat Tahun 2023. Jumlah jenjang PAUD 192 sekolah, SD 1.061, SMP 487, SMA 302, SMK 79, SLB 80, SKB 7, dan 10 PKBM. Tim juri berasal dari unsur praktisi multimedia, kalangan profesional dan akademisi pendidikan dari sejumlah perguruan tinggi.

    Setelah melalui tahapan seleksi administrasi dan penilaian tahap pertama yang lolos dalam penilaian tahap ke dua hanya 1.151 satuan pendidikan dari seluruh jenjang. 

    Terdapat 1.067 satuan pendidikan yang mengikuti lomba karya videonya dinyatakan tidak lolos karena tidak sesuai dengan ketentuan serta syarat lomba sesuai panduan, dan ditahap terakhir yang lolos untuk mengikuti gebyar gala kreasi video di Jakarta ada 104 semua jenjang sekolah, pungkas Falmunadi.


    Sementara itu, Andi Rahmayuddin, S.Pd yang akrab disapa Andi Rahman Sulo selaku team produksi gala kreasi video mengatakan bahwa, pencapaian atas penghargaan dan Penobatan yang kami raih ini sebagai Video Inspiratif KSS 2023 adalah hal yang sangat luar biasa dan kami tidak menyangka bisa sampai pada tahap ini, tapi kami selalu yakin dan percaya setiap yang kami lakukan bukan semata untuk dipuji ataupun mendapat imbalan akan tetapi kami berkomitmen untuk selalu berbagi praktik baik, ucapnya.

    Dijelaskan juga bagaimana alur, tekhnis, dan syarat bisa ikut serta dalam ajang ini. 

    Satuan pendidikan yang mengikuti lomba ini, mengisi format pendaftaran online lewat laman Kemendikbud dan ketentuan ketentuannya dijelaskan juga pada website resmi Kemendikbud, diantaranya peserta menentukan topik yang akan diangkat pada gala kreasi video yakni;

    1. Sehat bergizi : Pembiasaan minum air putih minimal 2 gelas sehari selama berkegiatan di satuan pendidikan, Pembiasaan sarapan dan konsumsi makanan/minuman bergizi seimbang, dan Kegiatan lain yang relevan.

    2. Sehat fisik : Pembiasaan SKJ atau senam kreasi lainnya minimal 1 kali seminggu, Pembiasaan peregangan minimal 1 kali saat pergantian jam pelajaran, Kegiatan lain yang relevan. 

    3. Sehat imunisasi : Dukungan terhadap pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah

    Syarat Umum Kampanye Sekolah Sehat 2023.

    Setiap satuan pendidikan hanya boleh mengirimkan satu video, Video adalah karya asli satuan pendidikan pengirim, Video belum pernah diikutsertakan dalam lomba lainnya, Video tidak mengandung hal bertentangan dengan SARA, tidak melanggar hukum, tidak mengandung unsur kekerasan dan pornografi, dan tidak mendiskreditkan pihak lain

    Video memiliki format potrait dengan durasi maksimal 90 detik dan bukan berupa kolase foto, menyertakan logo Merdeka Belajar, UKS, dan Kampanye Sekolah sehat di akhir video. Kemudian Video diunggah ke salah satu media sosial reels Instagram, TikTok, atau Facebook. Pungkas Andi Rahman S.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini