Panen Padi Hasil Demplot Sahabat BIOWIN Digelar di Desa Patengko Bersama Pemda Luwu Timur
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Panen Padi Hasil Demplot Sahabat BIOWIN Digelar di Desa Patengko Bersama Pemda Luwu Timur

    Kabartujuhsatu
    Senin, 27 November 2023, November 27, 2023 WIB Last Updated 2023-11-27T14:23:46Z
    masukkan script iklan disini


    Lutim, Kabartujuhsatu.news, PT. Mandiri Palmera Agrindo (PT MPA) melalui program Sahabat BIOWIN dengan melakukan demplot (percontohan) penggunaan produk pupuk pada tanaman padi di Desa Patengko, Kecamatan Tomoni Timur, Kabupaten Luwu Timur yang kini menggelar panen raya, Senin (27/11/2023).


    Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pihak diantaranya Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Amrullah yang sekaligus mewakili Bupati Luwu Timur, jajaran direksi PT. Mandiri Palmera Agrindo, Kapolsek Tomoni Timur, Camat Tomoni Timur, Koordinator BPP Tomoni Timur, Kades Patengko dan sahabat-sahabat Biowin.


    Fredericus D Matorbongs selaku direktur utama PT. Mandiri Palmera Agrindo dalam sambutannya menyampaikan, bahwa PT. MPA tidak hanya berfokus kepada pengolahan TBS, namun juga dalam mengembangkan produk turunan dari TBS.


    "Salah' satunya dengan mengolah limbah sawit menjadi pupuk organik yang diberi nama BIOWIN.


    "Produk ini dikembangkan sejak tahun 2020, menjadi salah satu pupuk lokal yang mampu menjadi inspirasi daerah ini. Dimana bahan baku, tenaga kerja dan produksinya semua berasal dan dikelola di Luwu Timur.


    Ia menyebut, Biowin ini tidak hanya menyasar pada tanaman padi, akan tetapi semua jenis tanaman pertanian dan perkebunan.


    "Bahkan untuk tanaman kakao dan kelapa sawit, kami telah bekerjasama dengan PT. MARS dan PT. La Tundrung," terang Fredericus D Maturbongs, dirut PT. MPA.




    Sementara itu, Bupati Lutim yang diwakili oleh Kadis Pertanian Luwu Timur Amrullah dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. MPA karena terus melakukan sebuah terobosan-terobosan yang sangat membantu pemerintah daerah dalam menekan biaya produksi dan meningkatkan produktifitas pertanian.


    "Tentunya ini sangat bersinergi dengan program pertanian berkelanjutan dan program pertanian organik yang saat ini sementara dijalankan oleh Bupati Luwu Timur.


    Dikesempatan itu Kadis Pertanian Amrullah juga  menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Lutim Bapak H.Budiman kepada para petani dan jajaran PT. MPA karena tidak berkesempatan hadir dikegiatan ini, jelasnya.


    Sebelum menutup sambutannya, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Amrullah menyarankan kepada para penyuluh pertanian untuk terus mengaplikasikan produk-produk organik, salah satunya BIOWIN ini, yang tentunya untuk menjaga kualitas pertanian serta yang terpenting menjaga lingkungan", imbuhnya.


    Adapun pernyataan dari salah satu Sahabat Biowin, Bapak Andreas, menyatakan sangat bersyukur dengan adanya pupuk Biowin, katanya.


    Ia mengaku sejak pertama kali menggunakan pupuk ini pada september 2022, kualitas lahannya makin baik dan biaya pupuknya pun makin berkurang, sehingga atas dasar itu, dia berani mengajak petani lain untuk beralih menggunakan pupuk Biowin, ungkap Andreas.


    "Terimakasih pada PT. MPA, dengan adanya Biowin ini, yang kami nilai sangat membantu bagi petani, khususnya terhadap petani Luwu Timur, pungkasnya.


    Published : Iskar

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini