Penghitungan Suara Ulang Caleg di TPS 3 Marioriaja, Terkoreksi Suara Supriansa Menjadi 21
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Penghitungan Suara Ulang Caleg di TPS 3 Marioriaja, Terkoreksi Suara Supriansa Menjadi 21

    Kabartujuhsatu
    Rabu, 28 Februari 2024, Februari 28, 2024 WIB Last Updated 2024-02-28T16:11:31Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara pada pemilihan umum 2024 di KPU Soppeng mengalami dinamika dihari kedua, Rabu (28/2/2024). 

    Dinamika tersebut terjadi saat PPK kecamatan Marioriwawo kabupaten Soppeng memaparkan hasil rekapitulasi tingkat kecamatan Marioriwawo khususnya pada kategori Caleg DPR RI pada partai Golkar. 

    Dalam pemaparan rekap kecamatan Marioriwawo menyebutkan bahwa suara caleg Golkar DPR RI nomor urut 5 sebanyak 20 suara, suara partai 6 dan suara caleg nomor urut 1 NH sebanyak 1 suara sehingga total jumlah suara caleg dan partai sebanyak 27 suara.

    Dalam pemaparan PPK Kecamatan Marioriwawo terdapat perbedaan pada rekapitulasi tingkat kecamatan dan C Plano sehingga menuai interupsi oleh saksi Golkar Abidin dan Suherman. 


    Interupsi tersebut diterima pimpinan sidang setelah berkoordinasi dengan para saksi parpol dan Bawaslu untuk di lakukan penghitungan ulang surat suara khususnya pada partai Golkar dan Caleg DPR RI khususnya nomor urut 5 di TPS 3 Desa Marioriaja Kecamatan Marioriwawo. 



    Meski sempat tertunda penghitungan suara tersebut hingga sore hari dan pada pukul 8.30 wita malam akhirnya penghitungan ulang surat suara untuk DPR RI di lakukan oleh PPK kecamatan Marioriwawo yang di saksikan KPU, Bawaslu dan para saksi parpol maupun saksi Golkar dengan membuka kotak suara di TPS 3 dengan hasil caleg nomor urut 5 Golkar dengan 21 suara, nomor urut 1 NH 1 suara dan 5 suara partai sehingga hasil tetap jumlah 27.


    Atas hasil tersebut Komisioner KPU Soppeng Muh Hasbi menyampaikan bahwa hal ini masuk menjadi kejadian khusus pada KPU Soppeng yang dibuktikan dengan berita acara dengan keputusan bahwa pada rekap kecamatan Marioriwawo suara nomor urut 5 Supriansa sebanyak 20 terkoreksi menjadi 21 dan suara partai 6 terkoreksi menjadi 5 suara dan suara caleg NH tetap 1.

    Dari pantauan media ini, perbedaan tersebut disebabkan adanya surat suara tercoblos pada nomor urut 5 Golkar DPR RI yang juga tercoblos pada lambang partai sehingga yang mendapatkan suara tersebut adalah caleg sementara sebelumnya di rekapitulasi kecamatan di masukkan ke suara partai. 

    Sekadar diketahui sebelumnya Ketua KPU Irwan Usman menyampaikan bahwa rapat pleno ini adalah bagaimana menyatukan data, menyandingkan data, dan mensinkronisasikan data. 

    Hingga berita ini tayang rapat pleno berlanjut untuk kecamatan Lilirilau. 

    (Red) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini