Tahun Politik Pesta Demokrasi 2024 Raih Rekor Baru di Soppeng
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Tahun Politik Pesta Demokrasi 2024 Raih Rekor Baru di Soppeng

    Kabartujuhsatu
    Jumat, 16 Februari 2024, Februari 16, 2024 WIB Last Updated 2024-02-22T01:05:50Z
    masukkan script iklan disini


    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Membahas tentang politik memang tidak ada habisnya, pasalnya setiap masa akan berbeda konstalasi politik maupun strategi yang di pakainya masing-masing pihak.


    Jika kita menoleh ke belakang pada pesta demokrasi tahun 2014 pada masa pemerintahan Drs Andi Suetomo, M.Si partai Gerindra berhasil mendapatkan kursi terbanyak di DPRD kabupaten Soppeng dengan 8 kursi mengalahkan Golkar yang hanya mampu dengan 7 kursi, bahkan rekor baru di masa itu menempatkan ibu ketua TP PKK kabupaten Soppeng yang tidak lain adalah istri Bupati Soppeng kala itu (H.Andi Soetomo) berhasil menjadi ketua DPRD kabupaten Soppeng Hj.Andi Patappaunga periode 2014-2019 sebuah sejarah baru perpolitikan di kabupaten Soppeng bukan Golkar menjadi ketua di gedung legislatif.


    Di tahun 2019 pada Pesta Demokrasi di masa pemerintahan HA.Kaswadi Razak, SE partai Golkar kembali merebut Kursi Ketua DPRD kabupaten Soppeng dengan perolehan 12 kursi dan menempatkan Syaharuddin M Adam, S.Sos, M. Si sebagai Ketua DPRD kabupaten Soppeng periode 2019-2024.


    Di tahun 2024 sesuai target yang disampaikan Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Soppeng HA.Kaswadi Razak saat pendaftaran Bacaleg akan menargetkan 12 kursi di DPRD kabupaten Soppeng dan capaian itu berhasil berdasarkan hasil sementara perolehan suara anggota DPRD kabupaten Soppeng dengan 3 kursi di dapil 1 lalabata, 3 kursi di dapil Donri-Donri-Marioriawa, 3 Kursi di dapil Lilirilau-Ganra, 1 Kursi di dapil Liliriaja-Citta dan 2 kursi di dapil Marioriwawo.


    Ke 12 kursi hasil sementara yang direbut partai Golkar Soppeng bukanlah sebuah rekor baru, namun yang menjadi rekor baru adalah capaian caleg partai Golkar atas nama Andi Mujammad Farid di dapil lalabata dengan perolehan suara 7326 mengalahkan pendahulunya yang tidak lain adalah mantan ketua DPRD 2 periode kabupaten Soppeng HA Kaswadi Razak yang hanya berkisar 6 ribu suara pribadi.



    Rekor baru lainnya di capai Caleg Provinsi Sulawesi Selatan partai Golkar yang meliputi dapil Soppeng wajo Andi Muhammad Ikram dari data yang dihimpun perolehan suara di Soppeng capai 45 rb lebih belum termasuk suara dari kabupaten Wajo yang sebelumnya rekor berhasil di capai partai Golkar melalui H Suwardi Haseng dengan capaian suara 28 ribu begipula pendahulunya HA Akbar Singke melalui partai Nasdem sekitar 18 ribu suara. 


    Sementara itu PDI-P kabupaten Soppeng juga memliki rekor baru di partainya dengan perolehan sementara 7 kursi di pemilu 2024, 2 kursi di dapil Lalabata, 2 kursi di dapil Donri-Donri-Marioriawa, 1 kursi di dapil Lilirilau-Ganra, 1 kursi di dapil Liliriaja-Citta dan 1 kursi di dapil Marioriwawo yang sebelumnya ketua DPC PDI-P kabupaten Soppeng yang hanya menargetkan 6 kursi di pemilu 2024.


    Untuk rekor baru pada Pilkada Soppeng 2024 sementara akan menunggu hasil, apakah ketua DPD Partai Golkar mencalonkan ketua TP PKK kabupaten Soppeng Hj Nurjanah, SE, Syaharuddin M Adam, Andi Muhammad Ikram,, Lutfi Halide dan atau ada calon alternatif lain?. 


    Yang pasti bahwa rekor baru Partai Golkar Soppeng Andi Mohammad Farid dapat dipastikan menjadi ketua DPRD kabupaten Soppeng termuda menyusul Andi Muhammad Ikram juga memenuhi syarat pencalonan ketua DPRD provinsi Sulawesi Selatan dan keduanya adalah putra Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak. 


    (Red/Her71)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini