Niat Berpuasa Sebulan Penuh, Lengkap Bahasa Arab dan Manfaatnya
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Niat Berpuasa Sebulan Penuh, Lengkap Bahasa Arab dan Manfaatnya

    Kabartujuhsatu
    Senin, 11 Maret 2024, Maret 11, 2024 WIB Last Updated 2024-03-11T16:23:51Z
    masukkan script iklan disini


    Jakarta, Kabartujuhsatu.news, Memasuki bulan suci Ramadhan 1445 H/2024, alangkah baik setiap Muslim mengetahui niat untuk berpuasa untuk sebulan penuh.


    Setiap muslim diwajibkan untuk membaca niat sebelum melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.


    Umumnya, niat puasa diucapkan setiap malam sebelum waktu imsak tiba.


    Namun, ada yang berpandangan dan memperbolehkan membaca sekali niat untuk puasa satu bulan Ramadhan.


    Berikut doa niat puasa Ramadhan sebulan penuh.


    Dilansir dari laman NU, para ulama dari empat mazhab sepakat bahwa puasa Ramadhan wajib diawali dengan niat.


    Hanya saja, terdapat perbedaan mengenai waktu membaca niatnya.


    Menurut mazhab Syafi'i yang menyatakan bahwa wajib mengulangi niat di setiap kali puasa.


    Sementara menurut mazhab Maliki cukup dengan melafalkan niat puasa sebulan di malam pertama bulan Ramadhan, sehingga tidak mewajibkan mengulang niat di hari berikutnya. Hal ini dijelaskan oleh Imam Qulyubi,


    وَيُنْدَبُ أَنْ يَنْوِيَ أَوَّلَ لَيْلَةٍ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ أَوْ صَوْمَ رَمَضَانَ كُلَّهُ لِيَنْفَعَهُ تَقْلِيدُ الْإِمَامِ مَالِكٍ فِي يَوْمٍ نَسِيَ النِّيَّةَ فِيهِ مَثَلًا لِأَنَّهَا عِنْدَهُ تَكْفِي لِجَمِيعِ الشَّهْرِ


    Artinya: Disunahkan pada malam pertama bulan Ramadhan untuk niat berpuasa sebulan penuh untuk mengambil memanfaatkan pendapat Imam Malik pada suatu hari yang lupa untuk berniat di dalamnya. Karena beliau menganggap niat tersebut mencukupi bila niat pada malam-malam berikutnya di semua malam Ramadhan. (Hasyiyah Al-Qulyubi, II/66). 


    Ada satu syarat untuk membaca niat puasa Ramadhan selama satu bulan penuh ini, yaitu tidak boleh terputus selama sebulan dengan batalnya puasa.


    Jika terputus dengan batal puasa, maka ia harus memulai lagi dengan niat yang baru, seperti pada wanita yang terputus karena menstruasi atau haid.


    Niat puasa Ramadhan untuk sebulan penuh :


    Berikut doa niat puasa Ramadhan untuk satu bulan penuh menurut mazhab Maliki.


    نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ تَقْلِيْدًا لِلْإِمَامِ مَالِكٍ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى


    Arab-latin: Nawaitu shauma jami'i syahri ramadhani hadzihis sanati taqlidan lil imami Malik fardhan lillahi ta'ala.


    Artinya: Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadhan tahun ini dengan mengikuti Imam Malik, fardhu karena Allah.


    Pendapat Malikiyah tentang niat puasa Ramadhan telah tersebar di Indonesia, meskipun mayoritas masyarakat mengikuti mazhab Syafi'i. Pandangan ini didukung oleh ulama terkenal seperti KH Ahmad Idris Marzuq.


    Dalam karyanya, Kiai Idris menjelaskan bahwa menurut mazhab Maliki, cukup dengan satu doa niat puasa sebulan penuh Ramadhan karena sudah dianggap sebagai kesatuan ibadah.


    Akan tetapi, umat Islam tetap disarankan untuk membaca niat setiap harinya jika terjadi lupa niat di kemudian hari. Demikian bacaan doa niat puasa Ramadhan 1 bulan penuh.


    Manfaat Puasa :


    PUASA di bulan Ramadhan hukumnya wajib dilakukan bagi umat muslim yang baligh (dewasa), berakal, dalam keadaan sehat dan dalam keadaan mukmin (tidak melakukan safar/perjalanan jauh) yang menunjukan puasa ramadhan adalah wajib, firman Allah SWT :


    أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ


    “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah [2] : 183.


    Dalam ilmu kesehatan sendiri banyak keuntungan yang di dapat dalam puasa baik fisik dan psikis, puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karna pola makan yang tidak baik, seperti kegemukan atau obesitas dan penyakit  degenerative yaitu kolesterol, trigliserida tinggi (lemak di pembuluh darah jantung), kencing manis (diabetes mellitus), jantung koroner, dan lain-lain.


    Pada bulan Juni 2014, Medical News Today melaporkan, puasa pada orang yang beresiko tinggi terhadap penyakit diabetes mellitus (kencing manis) dapat mengurangi resiko terhadap penyakit tersebut.


    Studi lain yang dilakukan oleh dr. Valter Longo dari Universitas Southern California (USC), berpuasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membersihkan sel-sel tubuh yang sudah tua dan meregenerasi  sel  yang baru, suatu proses yang mereka katakan bisa melindungi kerusakan sel-sel akibat penuaan dan kemotherapi.


    Mekanisme apa yang mendasari manfaat puasa bagus untuk kesehatan?.. 



    Mekanisme yang terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan energi dari makanan pada saat kita berpuasa maka glukosa yang tersimpan di otot dan hati akan di ubah menjadi energi, hal ini dimulai sekitar 8 jam setelah makan terakhir.


    Ketika glukosa yang tersimpan di hati dan otot telah habis maka tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi hal ini mengakibatkan penurunan berat badan, dr. Razeen Mahroof dari Universitas Oxford di Inggris, menjelaskan bahwa penggunaan lemak untuk energy dapat menurun kan kadar kolesterol.


    Dalam waktu yang bersamaan terjadi juga proses detoksifikasi, yaitu racun yang tersimpan dalam lemak tubuh di larutkan kemudian di keluarkan dari dalam tubuh, dr. Razeen Mahroof juga mencatat terjadi peningkatan hormone endorphin yang di produksi dalam darah setelah beberapa hari berpuasa. Hormon endorphin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang ataupun bahagia dan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


    Selain bermanfaat untuk kesehatan berpuasa juga dapat berbahaya ketika anda melakukannya tanpa makan sahur atau kondisi tubuh tidak sehat.


    Dalam menjalankan ibadah puasa ada beberapa hal yang harus di perhatikan agar menjalankan puasa tetap fit dan segar.


    1. Menjaga asupan air dalam tubuh.


    Bila setiap hari anda wajib minum air 8 gelas sehari maka pada saat anda berpuasa menambahkan asupan air hingga 13 gelas sehari, kandungan Hidrogen, Oksigen dan mineral bermanfaat bagi tubuh diantaranya melancarkan aliran pembuluh darah, mencegah kekeringan kulit, serta membantu proses pembuangan toksin dalam tubuh.


    2. Perbanyak porsi buah-buahan dan sayuran.


    Saat berpuasa usus cenderung lebih mengecil. Untuk itu konsumsilah buah dan sayuran yang mudah di cerna usus, berwarna gelap, mengandung asam folat, anti oksidan, kalsium, zat besi, lycopine, kaya akan vitamin B1, B6, A dan C. Buah-buahan yang mengandung air seperti semangka, tomat, wortel, bit dan timun.


    3. Tidur yang cukup.


    Untuk memaksimalkan regenerasi sel-sel tubuh penting menjaga kualitas tidur maksimal 8 jam sehari selama puasa.


    4. Olah raga ringan.


    Tidak ada salahnya melakukan olahraga ringan selama puasa, sebab olahraga ringan dapat memberikan efek positif bagi sirkulasi darah menjadi lancar.


    Jangan memaksakan diri anda jika kondisi kesehatan tidak memungkinkan dalam menjalankan ibadah puasa, selain itu apabila ditemukan gejala sakit akibat berpuasa segera periksakan diri anda ke dokter.


    Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1445 H/2024.


    (Dikutip dari berbagai sumber) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini