Wakil Bupati Soppeng Hadiri Wisuda Sarjana ke 26 Tahun 2024 STIA Al-Gazali Soppeng
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Wakil Bupati Soppeng Hadiri Wisuda Sarjana ke 26 Tahun 2024 STIA Al-Gazali Soppeng

    Kabartujuhsatu
    Sabtu, 02 Maret 2024, Maret 02, 2024 WIB Last Updated 2024-03-03T16:05:54Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Wakil Bupati Soppeng Ir H. Lutfi Halide, MP menghadiri rapat Senat terbuka luar biasa wisuda Sarjana ke 26 Sekolah Tinggi Agama Islam (STIA) AL-Gazali Soppeng tahun akademik 2023/2024 yang dilangsungkan di ruang pola Kantor Bupati Soppeng jalan Salotungo Kelurahan Lalabata Rilau Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, Ahad (3/3/2024). 

    Wisuda sarjana STIA Al-Gazali Soppeng melaksanakan wisuda di 2 jurusan yakni jurusan Tarbiyah dengan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Jurusan Ekonomi Syariah.

    Dalam kegiatan wisuda ke 26 ini sebanyak 41 wisudawan wisudawati dari jurusan Tarbiyah prodi PAI, PBA dan PGMI sedangkan untuk jurusan ekonomi syariah sebanyak 14 orang.

    Kegiatan ini, selain dihadiri Wabup Soppeng juga di hadiri Ketua DPRD kabupaten Soppeng Syaharuddin M Adam, S.Sos.MM, Sekretaris Kopertis wilayah VIII untuk Sulawesi, Maluku dan Papua  Dr H Nur Taufik Sanusi Baco, M.Ag, Direktur Pasca Sarjana IAIN Alauddin Prof Dr H. Abustani Ilyas .M.Ag sekaligus memberikan orasi ilmiah, Ketua Dewan Pembina STAI Al-Gazali Soppeng H.Andi Faisal Husni Asse Mangkona,SE, MM,M.SE, Ketua STAI Al-Gazali Soppeng Dr Nur Alim, M.Pd serta sejumlah Civitas akademik STAI Al-Gazali Soppeng dan para wisatawan wisudawati bersama pendamping.

    Mengawali acara dengan pembacaan ayat suci al Qur'an yang disampaikan oleh Aulia Al-Husna dilanjutkan pembacaan doa oleh DR. KH. Huzaemah Rauf, M.Ag.

    Rapat Senat terbuka luar biasa STIA Al-Gazali Soppeng wisuda Sarjana ke 26 ini dibuka oleh Drs H. Armas, M. Pd. 

    Ketua STAI Al-Gazali Soppeng DR Nur Alim, M.Pd dalam kesempatnnya melaporkan perkembangan selama dirinya menjadi Ketua STAI Al-Gazali Soppeng masa bakti 2022-2027.

    Nur Alim menyebut di Tahun 2020 ada 11 jatah guru PAI dan PGSD dan 8 diantaranya berasal dari STIA Al-Gazali Soppeng, ujarnya.

    "Dan yang membanggakan dan menggembirakan di tahun 2023 pengangkatan PPPK jatah 115 orang guru PAI dan 9 diantaranya berasal dari alumni STAI Al-Gazali Soppeng, ungkap Nur Alim.

    Kemudian lanjutnya," Alumni PGMI STAI Al-Gazali Soppeng tahun ini terekrut 7 orang yang setara dengan PGSD.

    Menurutnya, secara nasional PGMI yang dimiliki STAI Al-Gazali Soppeng itu sudah diakui oleh 2 kementerian yakni kementerian agama dan kementerian pendidikan jadi PGMI kita sudah setara dengan PGSD yang diselenggarakan oleh Kemendikbud.

    Nur Alim juga mengajak untuk sama-sama mengembangkan kampus STAI Al-Gazali Soppeng karena dirinya yakin tidak akan bisa berkembang dan maju tanpa dukungan seluruh pihak sesuai dengan cita-cita pendahulu kami yakni para pendiri sekolah tinggi agama Islam Al-Gazali Soppeng, ujarnya.

    Dikesempatan itu Nur Alim mengajak mengirimkan surat Alfatihah kepada para pendiri Kampus STAI Al-Gazali Soppeng yakni AG Sanusi Baco.LC, H. Andi Asse Mangkona, KH Arifuddin Djaelani dan DR H.Sukardi Deppung.

    Sementara itu, Prof Dr H Abustani Ilyas, M.Ag direktur Pascasarjana IAIN Alauddin Makassar dalam orasi ilmiahnya menyampaikan rasa syukur dengan bertambahnya SDM di kabupaten Soppeng karena berhasil mencetak para sarjana.

    Secara spesial direktur Pascasarjana Abustani Ilyas memberikan kesempatan para alumni STAI Al-Gazali Soppeng untuk melanjutkan S2 di kampus IAIN Alauddin Makassar baik berupa kerjasama yang dimotori ketua STAI Al-Gazali Soppeng sebagai otomotif untuk melanjutkan ke S2 atau secara personal.

    Abustani yakin para wisudawan STAI Al-Gazali Soppeng memiliki kemampuan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

    Dia juga menyampaikan bahwa STAI Al-Gazali Soppeng bukan lembaga pendidikan yang biasa-biasa saja namun luar biasa dengan banyaknya alumni yang terekrut baik sebagai ASN ataupun PPPK.

    Dikesempatan itu juga Abustani menyampaikan beberapa hal penting kepada para wisudawan yakni agar mampu mengenal dirinya, memposisikan diri dan atau mengendalikan diri serta mengenal lingkungannya saat berbaur dengan masyarakat nantinya.

    Dikesempatan yang sama, Ketua Dewan Pembina STAI Al-Gazali Soppeng Andi Faisal Husni dalam kesempatan itu menyampaikan kepada para wisudawan bahwa bukan hanya akhlak atau moral yang harus di perbaiki akan tetapi yang paling penting juga adalah etika, jelasnya.

    Andi Faisal Husni Asse Mangkona di kesempatan itu menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati atas capaian kesarjanaannya.

    Dr Nur Taufik Sanusi Baco dalam kesempatannya selaku sekretaris Kopertis wilayah VIII mengapresiasi STAI Al-Gazali Soppeng dan juga siap membantu untuk menjadikannya Institut Agama Islam dengan segala syarat yang ada diantaranya yang saat ini dengan 6 Doktor Dosen yang sudah memenuhi syarat dan ke depan harus memiliki tenaga dosen 11 pangkat Lektor, ujarnya.

    Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide dalam kesempatannya merespon kebutuhan kampus STAI Al-Gazali Soppeng untuk pembangunan kampus yang lebih luas lagi bahkan untuk memiliki ruang pola atau Auditorium.

    Wabup Soppeng mengatakan bahwa hal itu akan disampaikan kepada Bupati Soppeng yang tentunya atas restu dari Ketua DPRD kabupaten Soppeng yang saat ini hadir dalam kegiatan wisuda STAI Al-Algazali Soppeng.

    Selain itu Wabup Soppeng dalam kesempatannya menerangkan liku-liku perjalanan sejarah saat menempuh pendidikan di SD yang harus jalan kaki puluhan kilometer begitu pula pada saat menempuh pendidikan di universitas yang harus jalan kaki sejauh 14 km, terangnya.

    Terakhir Wabup Soppeng mengapresiasi lagu bulu alauna tempe yang terdengar didalam proses kegiatan itu mengingatkan dirinya saat bertugas sebagai kadis pertanian Wajo selama 11 tahun yang dimulai sebagai ASN golongan II dengan mengawali  tugasnya sebagai juru kunci.

    Menutup sambutannya Wabup Soppeng berharap kepada seluruh wisudawan wisudawati agar menjumpai orang tuanya terlebih dahulu setelah kembali dari kegiatan wisuda ini, imbuhnya.

    (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini