Mattabulu Tembus 100 Besar Nasional Desa Wisata Terbaik ADWI 2024
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Mattabulu Tembus 100 Besar Nasional Desa Wisata Terbaik ADWI 2024

    Kabartujuhsatu
    Jumat, 24 Mei 2024, Mei 24, 2024 WIB Last Updated 2024-05-24T13:26:56Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Desa Mattabulu Kecamatan Lalabata Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki panorama indah dan sejumlah obyek wisata yang ada di wilayah tersebut diantaranya Lembah Cinta, Air Terjun Liu Pangie, jembatan gantung, arum jeram dan banyak lagi potensi alam seperti hutan pinus, kopi Mattabulu dan berbagai jenis tanaman buah-buahan yang sangat menarik untuk di kunjungi. 

    Tidak heran Desa Mattabulu dalam binaan Dinas Pariwisata kabupaten Soppeng kini masuk salah satu Desa yang menjadi peserta Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024.

    Program ini adalah program kementerian Parekraf RI yang bertujuan untuk  menjadikan Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia. 

    Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024 ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

    Dalam ajang ini juga diharapkan menjadi penggerak sektor pariwisata dalam mendukung pembangunan desa dan transformasi sosial budaya, serta ekonomi desa. 

    Kabid Pengembangan SDM Dinas Pariwisata kabupaten Soppeng Rusdi Haruna mengungkapkan bahwa total Peserta Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024 (ADWI) ini sebanyak 6.016 desa wisata dari seluruh provinsi di Indonesia, ungkapnya, Jumat (24/5/2024). 

    Rusdi Haruna mengungkapkan bahwa ada 5 Desa dari kabupaten Soppeng yang ikut berkompetisi dalam ajang ADWI tahun 2024 ini yakni Desa Mattabulu, Citta, Bulue, Timusu dan Desa Lompulle. 


    Namun pada tahap 500 besar dan 300 besar hanya 3 Desa perwakilan Kabupaten Soppeng yang berhasil lolos yakni Desa Mattabulu, Desa Bulue dan Desa Lompulle sehingga Kabupaten Soppeng menjadi satu-satunya kabupaten di Sulsel yang perwakilannya terbanyak lolos sampai tahap 300 besar, tutur Rusdi Haruna. 

    "Untuk saat ini, dari informasi yang kami terima pada tahap 100 besar hanya Desa Mattabulu kabupaten Soppeng yang berhasil lolos, terang Rusdi Haruna. 

    "Kami berharap semoga Desa Mattabulu dapat kembali lolos sampai 50 besar dan seterusnya, imbuh Rusdi. 

    "Pada tahap 50 besar nantinya, pihak kementerian Pariwisata ekonomi kreatif akan berkunjung langsung ke Desa Mattabulu. 

    "Semoga harapan ini menjadi harapan masyarakat soppeng dan terkhusus masyarakat Desa Mattabulu, pungkas Kabid Pengembangan SDM Dinas Pariwisata kabupaten Soppeng Rusdi Haruna. 

    (Red) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini