Korwil UPTD Disdikbud Kecamatan Liliriaja Soppeng Pimpin Pertemuan Kepala Sekolah Bahas Pelaksanaan FTBI
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Korwil UPTD Disdikbud Kecamatan Liliriaja Soppeng Pimpin Pertemuan Kepala Sekolah Bahas Pelaksanaan FTBI

    Kabartujuhsatu
    Senin, 03 Juni 2024, Juni 03, 2024 WIB Last Updated 2024-06-04T11:52:11Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Dalam rangka menghadapi pelaksanaan Festival Tunas Bahasa Ibu (FBI), Koordinator Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng H. Ahmad Dande, S.Pd, M.Pd melaksanakan pertemuan yang dihadiri sejumlah Kepala sekolah dan pengawas gugus yang ada di wilayah kecamatan Liliriaja, Selasa (4/6/2024). 

    Dalam pertemuan tersebut, Korwil UPTD Kecamatan Liliriaja H. Ahmad Dande turut didampingi 2 Pengawas TK/ SD yakni Pengawas Gugus 19 Kecamatan Liliriaja A. Nur Alam, S.Pd.,M.Pd dan Pengawas Gugus 20 Kecamatan Liliriaja Karmawati,  S.Pd., M.Si.

    Dalam kesempatan itu, Korwil Disdikbud Kecamatan Liliriaja H. Ahmad Dande menuturkan bahwa, "Pertemuan ini dalam rangka membahas persiapan pelaksanaan kegiatan festival bahasa Ibu. 

    "Adapun jadwal pelaksanaan FTBI tersebut, sementara menunggu jadwal dari Dinas Pendidikan kabupaten Soppeng, ungkapnya. 

    Ahmad Dande menuturkan bahwa sebelum pelaksanaan nantinya, masing-masing sekolah akan diberikan pelatihan yang akan dilaksanakan di aula Dinas Dinas Pendidikan kabupaten Soppeng. 

    Lebih jauh Korwil yang juga pengawas sekolah ini mengatakan bahwa, "Festival Tunas Bahasa Ibu ini sebagai sarana berbagi praktik, dan  sebagai upaya pelestarian bahasa ibu dengan melibatkan pelajar untuk menampilkan capaian belajar bahasa daerah melalui berbagai pertunjukkan menarik. 

    Ahmad Dande menyebutkan, " Sejumlah kegiatan pada festival tersebut diantaranya, 
    mendongeng, pidato, menulis puisi, membaca dan menulis aksara aksara, menulis cerita pendek, dan komedi tunggal (stand up comedy).


    Selain itu, Kata Korwil Disdikbud Kecamatan Liliriaja bahwa, "Festival Tunas Bahasa Ibu ini adalah salah satu wujud pelindungan bahasa dan sastra daerah yang bertujuan untuk menjadikan generasi muda sebagai penutur aktif bahasa daerah dan mempelajari bahasa daerah dengan menyenangkan serta menemukan fungsi dan ranah baru dari sebuah bahasa dan sastra daerah.

    "Bahasa ibu ini mengacu pada bahasa pertama yang dipelajari di rumah pada masa kanak-kanak dan masih dipahami oleh orang tersebut . 

    "Jika orang tersebut tidak lagi memahami bahasa pertama yang dipelajari, maka bahasa ibulah yang menjadi bahasa kedua yang dipelajari.

    Menurutnya, " Banyak manfaat yang terkait dengan pengajaran bahasa ibu, selain anak belajar lebih baik dan cepat, pendidikan bahasa ibu juga dapat meningkatkan akses sekolah sekaligus mengurangi angka mengulang dan putus sekolah, tandasnya. 

    "Kami berharap, bahasa ibu ini menjadi.bagian penting dari identitas sehingga hal ini dapat menjadi sumber kebanggaan dan hubungan dengan warisan budaya sehingga dengan mempelajari bahasa ibu dengan baik maka dapat membantu anak-anak kita untuk lebih memahami jati diri mereka, pungkasnya.



    Sekadar diketahui sejumlah sekolah yang ikut dalam pertemuan tersebut diantaranya :

    1.SDN 67 Cangadi 1
    2.SDN 68 CANGADI II 
    3.SDN 87 APPASARENG
    4.SDN  70 LIBUKANG
    5.SDN 86 LAJOA 
    6.SDN 85 CACCALEPPENG 
    7.SDN 90 LENRANG
    8.SDN 91 PACONGKANG 
    9.SDN163 APPANANG 
    10 SDN 190 LAUNGA
    11.SDN 191 PENRIE 
    12.SDN 256 BENTENG JATI 
    13.SDN 257 AKKALIBATUE
    14.SDN 275 JAMPU
       SERENGE 
    15.SDN 71 MACCINI 
    16. SDN 75 LEBBAE
    17. SDN 74 LAWARA
    18. SDN 212 ROMPE GADING 
    19. SDN 260 KAMPUNG BARU
    20. SDN 73 LAMOGO
    21. SDN  176 DABBARE
    22. SDIT APPALARINGE 
    23. SDN 213 LAGOCI
    Dll

    (Red) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini