Sambutan Ketua KPU Soppeng Dalam Peluncurkan Tahapan Pilkada 2024 dan Launching Maskot Panning
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Sambutan Ketua KPU Soppeng Dalam Peluncurkan Tahapan Pilkada 2024 dan Launching Maskot Panning

    Kabartujuhsatu
    Sabtu, 29 Juni 2024, Juni 29, 2024 WIB Last Updated 2024-06-30T07:18:10Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan meluncurkan secara resmi tahapan pilkada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng tahun 2024 sekaligus melaunching maskot Pilkada Soppeng 2024 yang di langsungkan dilapangan Gasis Watansoppeng Sabtu malam (29/6/2024). 

    Dalam prosesi kegiatan yang spektakuler tersebut diawali dengan sosok pria pemberani dengan menyampaikan pesan bermakna untuk Bumi Latemmamala dalam mencari pemimpin yang kemudian dilanjutkan dengan tari Padduppa dengan iringan musik bunyi seruling dan gendang. 

    Ketua KPU Soppeng Irwan Usman, SKM mengawali sambutannya, menyampaikan terimakasih kepada Kapolres Soppeng dan Dandim 1423 Soppeng dalam mengawal pengamanan pemilu 2024 yang aman dan kondusif. 

    Irwan Usman menyampaikan bahwa kegiatan peluncuran tahapan pilkada Soppeng 2024 hanya di rencanakan 4 hari setelah koordinasi, atensi dan support dari Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak sepulang dari tanah suci,  yang semula direncanakan di lapangan Gapis. 

    Dikesempatan itu juga Ketua KPU Irwan Usman membeberkan bahwa Pemerintah Daerah kabupaten Soppeng telah memberikan bantuan dan support secara penuh dengan naskah perjanjian hibah penyelenggaraan Pilkada Soppeng 2024 sebesar Rp. 21 Milliar. 

    "Ini adalah bentuk kepercayaan dan keyakinan pemerintah daerah kabupaten Soppeng bahwa dalam proses penyelenggaraan pilkada tidak hanya penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu tetapi juga pemerintah dan seluruh stakeholder lapisan masyarakat sangat membantu dan dibutuhkan dalam menyukseskan kegiatan Pilkada di tahun 2024.

    Irwan Usman menuturkan bahwa dalam peraturan perundang-undangan salah satu tujuan penyelenggaraan Pemilukada adalah untuk membentuk pemerintahan secara konstitusional. 

    "Pembentukan secara konstitusional secara divinisi pembentukan pemerintahan dapat dipahami ada 2 yaitu pemerintahan legislatif dan eksekutif. 

    "Kemarin sudah dilaksanakan pemilihan Presiden dan legislatif DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten, dengan sukses dan kondusif, tugas kami sebagai penyelenggara kini akan menyukseskan kembali proses penyelenggaraan Pilkada tingkat provinsi dan kabupaten sebagai bentuk komitmen kami sebagai penyelenggara untuk menjaga hak konstitusi, baik masyarakat, pemerintah daerah, untuk keberlangsungan pemerintahan yang adil dan baik di masyarakat. 

    "Olehnya itu melalui peluncuran Pilkada tahun 2024 ini, kami mengajak seluruh masyarakat bahwa kegiatan Pilkada ini tidak akan berlangsung dengan baik dan khidmat ketika masyarakat dan atau seluruh lapisan masyarakat tidak mendukung seluruh proses pilkada, baik proses tahapan maupun hasil pemilihan nanti. 

    "Saya ingat betul apa yang disampaikan Bupati Soppeng bahwa proses pemilihan, Pilkada memiliki kontestasi dan iklim politik yang berbeda dengan tingkat pemilu legislatif, sehingga ini menjadi atensi kami selaku penyelenggara senantiasa menjaga integritas, menjaga amanah dan asas-asas penyelenggaraan agar hasil pemilihan kepala daerah nanti betul-betul lahir dari keinginan masyarakat luhur. 

    Irwan Usman menegaskan bahwa proses pilkada ini, KPU kabupaten sebagai lembaga yang hirarkis yang menasional, kami tunduk dan patuh pada Undang-undang, instruksi KPU secara berjenjang, baik di tingkat KPU provinsi maupun tingkat Pusat. 

    Dikesempatan itu, Ketua KPU Soppeng Irwan Usman mengajak kepada penyelenggara badan ad-hoc di 8 kecamatan sebanyak 40 orang anggota PPK dan 210 orang PPS dari 70 Desa/Kelurahan.

    Sementara itu, Panitia Pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) sebanyak 707 orang yang dibentuk pertanggal 24 Juni 2024 yang bertugas di 466 TPS. 

    Irwan  Usman mengungkapkan bahwa Pilkada kabupaten Soppeng 2024 mengusung tema, "Panning "yang mungkin berbeda dengan dengan pilkada-pilkada sebelumnya. 


    "Secara harfiah, "Panning ", yang berangkat dari Sayap yang berarti bagaimana melangitkan Pilkada Kabupaten Soppeng ini menghadirkan pemerintahan yang ingin melangitkan kabupaten Soppeng kedepan".

    "Panning melambangkan kekuasaan dan perlindungan. 

    "Olehnya itu dalam kontestasi pilkada kali ini, harapan kami sebagai penyelenggara dan harapan kita semua, pemilihan kepala daerah kabupaten Soppeng bisa berjalan aman, damai dan adil. 

    "Olehnya itu, sebagai penyelenggara pemilukada Soppeng 2024, kami mengajak kepada seluruh masyarakat yang memiliki hak konstitusional untuk menggunakan hak pilihnya dan memastikan bahwa Pantarlih dan anggota PPS, dapat mendaftarkan masyarakat yang ada disetiap Desa/Kelurahan dan terdaftar sebagai pemilih yang benar dan diakui secara konstitusional dengan menyiapkan KTP elektronik, KK selama pencoklitan. 

    Selain lanjut ketua KPU Soppeng bahwa Panning juga sebagai simbol bagaimana kita bisa kembali ditengah-tengah kegelapan melalui sensor motorik yang dimiliki, Panning mengetahui dimana jalur dan jalan yang benar sesuai dengan aturan, dapat kembali dalam keadaan gelap, ini membuktikan bahwa KPU Soppeng siap menghadapi dengan segala konsekuensi dalam proses kontestasi pilkada 2024 dan akan tetap berdiri pada regulasi dan aturan yang sudah disiapkan, itulah filosofi panning. 

    "Terakhir pesan kami sebagai penyelenggara, Lanjut Irwan bahwa integritas itu adalah perbuatan dan ucapan, sebagai masyarakat Bugis "Taro Ada Taro Gau itu adalah harga mati, karena disitulah nilai integritas kami sebagai seorang penyelenggara, semoga pesan ini tersampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten Soppeng. 

    "Kami berharap tidak ada lagi desas-desus dan atau konflik yang terjadi di tengah masyarakat, bukankah pelangi itu indah dengan perbedaannya".

    "Dan perbedaan itu bukanlah alasan untuk menjadi sebuah perpecahan di tengah-tengah masyarakat. 

    Terakhir Ketua KPU Soppeng mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam proses pilkada tahun 2024 ini, tepatnya di tanggal 27 November 2024 dan menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan segala sumber daya demi menyukseskan pilkada 2024, pungkasnya.

    (Red) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini