Wabup Soppeng Buka Secara Resmi Lomba Antar Pelajar yang Digelar DPK Soppeng
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Wabup Soppeng Buka Secara Resmi Lomba Antar Pelajar yang Digelar DPK Soppeng

    Kabartujuhsatu
    Rabu, 26 Juni 2024, Juni 26, 2024 WIB Last Updated 2024-06-26T17:34:04Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Soppeng memfasilitasi peserta didik dalam lomba Bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD), Lomba Pidato tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Lomba Cerdas Cermat tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang digelar selama 3 hari, mulai tanggal 26 s/d 28 Juni 2024 di halaman Kantor DPK Kabupaten Soppeng.

    Pada pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Soppeng sekaligus membuka secara resmi, yang dihadiri beberapa Kepala Dinas, Perwakilan pejabat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel, Kepala sekolah, Pengawas, Guru, Pendamping SD, SMP, dan SMA yang menjadi binaan peserta lomba.


    Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Soppeng selaku Ketua Panitia Abdullah, SE.,MM dalam laporannya memaparkan bahwa pelaksanaan lomba ini merupakan ajang untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca dan literasi kepada anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan buku, mengasah kemampuan berbicara di depan umum serta meningkatkan kepercayaan diri maupun kemampuan dalam berpikir kritis, sebagai sarana dan prasarana media untuk dapat mengembangkan potensi siswa serta memotivasi para siswa dalam meningkatkan minat dan bakatnya.

    Abdullah menyebut jumlah keseluruhan peserta yang berpartisipasi sebanyak 79 peserta lomba.

    Dijelaskannya juga bahwa, penyelenggaraan lomba bertutur, pidato, cerdas cermat ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan minat baca, tetapi juga untuk mempromosikan buku-buku bermuatan lokal daerah. 

    "Selain itu juga membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum, meningkatkan kepercayaan diri, dan memperluas kosakata serta wawasan mereka.

    Sementara itu, Wakil Bupati Soppeng H. Lutfi Halide, MP dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat guna memperkuat rasa bangga dan identitas terhadap budaya, terutama melalui buku-buku muatan lokal yang kaya akan cerita yang mengandung kearifan lokal.


    "Kegiatan ini harus dimasyarakatkan dan dikembangkan kepada seluruh lapisan warga masyarakat Soppeng, kalau perlu berjenjang mulai dari Desa, Kecamatan, sampai Kabupaten dan yang terbaik akan menuju ke jenjang Nasional guna memperkenalkan budaya kearifan lokal kita. 

    "Jadi Pak Kadis selaku penanggung jawab, bahwa instansi ini harus lebih inovatif lagi bagaimana masyarakat bisa tumbuh daya minat bacanya tinggi, karena pengetahuan itu sangatlah penting dalam menjalani kehidupan bermasyarakat". Tuturnya.

    Ditegaskan lagi dengan berharap agar peserta terus menanamkan semangat membaca, sebab membaca merupakan keterampilan yang penting dan berguna dalam kehidupan sehari-hari. 

    "Pembudayaan kegemaran membaca dalam satuan pendidikan, tidak mudah namun tidak juga susah, tergantung dari kita yang ada di sekitarnya, dari rumah, sekolah dan lingkungan terus memberi semangat untuk terus membaca. 

    "Jadi tidak hanya buku, semua yang ada makna ilmu pengetahuannya itu perlu dibaca,” Harap Pak Wabup kepada undangan dan peserta, lalu dibuka secara resmi kegiatan ini.

    Usai acara pembukaan digelar, maka dilanjutkan dengan kegiatan lomba dihari pertama yang diawali lomba bercerita/bertutur tingkat Sekolah Dasar dan hasilnya langsung diumumkan diakhir kegiatan.

    Berikut pemenang lomba bercerita/bertutur:
    Juara 1. SD LABESSI
    Juara 2. SD 115 Alliwengeng
    Juara 3. SD 3 Lemba.

    (Red/ARS) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini