Kementerian PANRB Lakukan Verifikasi dan Observasi Lapangan Layanan Publik di Polresta Sidoarjo
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Kementerian PANRB Lakukan Verifikasi dan Observasi Lapangan Layanan Publik di Polresta Sidoarjo

    Kabartujuhsatu
    Rabu, 24 Juli 2024, Juli 24, 2024 WIB Last Updated 2024-07-24T22:51:35Z
    masukkan script iklan disini

    Sidoarjo, Kabartujuhsatu.news, Sebagai bentuk evaluasi menyeluruh terhadap pembinaan inovasi pelayanan publik yang dihasilkan dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi (PKRI) Pelayanan Publik Tahun 2024.

    Pelaksanaan PKRI Pelayanan Publik diselenggarakan dengan dua metode. Yakni penilaian mandiri atau self-assessment yang dilakukan oleh penyelenggara inovasi bersama unit penyelenggara pelayanan publik, dan kemudian dilanjutkan dengan penilaian oleh Tim Penilai Independen (TPI) yang meliputi desk evaluasi, presentasi dan wawancara, serta verifikasi dan observasi lapangan.

    Pada pelaksanaan PKRI pertama tidak semua instansi pemerintah diikutsertakan. Dalam Pengumuman PKRI 2024 yang ditandatangani Plt. Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB pada 17 April 2024 lalu, terdapat 631 instansi pemerintah dan 979 inovasi yang telah ditentukan sebagai lokus dan objek PKRI 2024. 

    Adapun inovasi tersebut berasal dari Top Inovasi KIPP dari 2014 hingga 2023 serta inovasi hasil replikasi dari Top Inovasi KIPP. Termasuk di dalamnya adalah layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo.

    Setelah melalui tahap desk evaluasi, presentasi dan wawancara terhadap layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo, dilakukan tahap verifikasi dan observasi lapangan yang dilakukan Tim Penilai Independen dari Kementerian PANRB, pada Rabu (24/7/2024).

    Tim Penilai Independen PKRI Pelayanan Publik yang datang ke Polresta Sidoarjo, diketuai Dr. Amril Hans bersama anggotanya Dr. Sawitri Budi Utami dan Dr. Hendri Koeswara. Turut hadir mendampingi mereka, antara lain Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing beserta pejabat utama Polresta Sidoarjo dan Sekda Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati.

    Dihadapan Tim Penilai Independen PKRI Pelayanan Publik dan Kementerian PANRB,  ditampilkan perkembangan layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo dari tahun 2016 sampai sekarang. Kemudian dilakukan pemantauan dan wawancara pada masyarakat yang mengurus SKCK di MPP Lingkar Timur dan Pasar Porong.

    Setelah itu, Tim Penilai Independen PKRI meninjau langsung layanan SKCK Online dan SKCK Keliling Online Polresta Sidoarjo di Mall Mini Pelayanan Polri (MMPP). Terkait terobosan pelayanan masyarakat yang mengurus SKCK di Polresta Sidoarjo mendapatkan respon positif dari Ketua Tim Penilai Independen PKRI Dr. Amril Hans.

    Ia mengapresiasi tersedianya sarana prasarana yang ramah bagi kelompok rentan di MMPP Polresta Sidoarjo, serta kemudahan dan kecepatan layanan pengurusan SKCK yang diperoleh masyarakat. "Kami lihat langsung layanan SKCK Online Polresta Sidoarjo beserta fasilitas penunjang bagi masyarakat sudah bagus bahkan kepuasan masyarakat pun diukur melalui Indek Kepuasan Masyarakat," katanya.

    Dalam melakukan terobosan pelayanan publik SKCK Online dan SKCK Keliling Online, Polresta Sidoarjo juga beracuan pada Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dikaji setiap minggu serta masukan maupun keterlibatan dari stake holder terkait.

    "Dari kritik dan saran masyarakat terhadap layanan Polresta Sidoarjo, membuat kami akan terus melakukan perbaikan dan terobosan pelayanan publik. Harapannya dari Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2024 Kementerian PANRB diperoleh hasil maksimal bagi SKCK Online dan SKCK Keliling Online," ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing.

    (Redho)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini