Ketua KPU Irwan Usman Ingatkan Kandidat di Pilkada Soppeng 2024 Sampaikan LHKPN
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Ketua KPU Irwan Usman Ingatkan Kandidat di Pilkada Soppeng 2024 Sampaikan LHKPN

    Kabartujuhsatu
    Selasa, 16 Juli 2024, Juli 16, 2024 WIB Last Updated 2024-07-16T14:03:51Z
    masukkan script iklan disini

    Ketua KPU Soppeng Irwan Usman (kanan batik biru) bersama Mahmud LHI (foto istimewa). 


    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Ketua KPU Soppeng Irwan Usman menyampaikan sekaligus mengingatkan para bakal calon yang akan berkompetisi di Pilkada Soppeng untuk menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sebelum pendaftaran bakal pasangan calon.


    "Penyampaian itu harus dilaksanakan sebelum pendaftaran bakal pasangan calon dengan batas akhir tanggal 8 Agustus 2024.


    Hal itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Soppeng kepada awak media saat ngopi bareng bersama aktivis LHI Mahmud Cambang di halaman Disdikbud Soppeng, Selasa (16/7/2024).


    Menurutnya, "Batas akhir itu yang di persyaratkan tidak boleh melebihi waktu yang ditentukan karena jika tidak maka para kandidat tidak bisa diusulkan untuk dilantik, tegasnya.



    Irwan Usman mengaku sudah mengirim surat kepada para bakal calon terkait dengan LHKPN.


    Ia berharap kewajiban itu dipenuhi oleh para bakal calon sesuai dengan yang tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 pasal 14 ayat (2) huruf i.


    Diketahui penyampaian LHKPN ini sebagai upaya untuk mencegah penyalahgunaan kewenangan apabila calon tersebut terpilih menjadi kepala daerah, karena LHKPN dapat menjadi alat kontrol bagi masyarakat dan KPK dengan membandingkan peningkatan harta kepala daerah sebelum dan sesudah menjabat.


    Pasalnya, peningkatan kekayaan yang tidak wajar mengindikasikan terjadinya penyalahgunaan kewenangan, sedangkan bagi kepala daerah, LHKPN bisa menjadi kontrol internal.


    (Red) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini