Menyusutnya Jejak Sekolah Inpres sebagai Warisan Orde Baru
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Menyusutnya Jejak Sekolah Inpres sebagai Warisan Orde Baru

    Kabartujuhsatu
    Sabtu, 20 Juli 2024, Juli 20, 2024 WIB Last Updated 2024-07-21T03:31:20Z
    masukkan script iklan disini


    Oleh : Ahmad Saransi. 

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Pada masa pemerintahan Orde Baru, Indonesia menghadapi kebutuhan mendesak untuk memperluas akses pendidikan dasar. Ahad (21/7/2024). 


    Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah mencanangkan program pembangunan sekolah yang dikenal dengan nama Sekolah Inpres (Instruksi Presiden).


    Di Sulawesi Selatan hingga kini, banyak bangunan Sekolah Inpres masih bertahan sebagai bagian dari lanskap pendidikan Indonesia.


    Namun, kondisi bangunan ini bervariasi, sebagian besar ruang kelas tetap berfungsi dengan baik, mendukung proses belajar mengajar di sekolah-sekolah yang menjadi bagian dari warisan Orde Baru ini.



    Namun, sebagian fasilitas lainnya, seperti rumah guru, sering kali mengalami penurunan kondisi. 


    Banyak rumah guru yang terbengkalai dan tidak lagi digunakan, dengan perawatan yang minim atau bahkan tidak ada sama sekali.


    Ke depan, penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk memperhatikan dan merawat warisan pendidikan ini.


    Memperbaiki dan memelihara fasilitas, termasuk rumah guru, tidak hanya akan memperbaiki kondisi sekolah secara keseluruhan tetapi juga mendukung kualitas pendidikan di daerah-daerah tersebut.


    Pengembangan program revitalisasi dan dukungan dari berbagai pihak dapat membantu memastikan bahwa bangunan Sekolah Inpres tetap dapat berfungsi dengan baik dan terus berkontribusi pada pendidikan anak-anak  di Sulawesi Selatan.




    (Red/AAS) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini