Tingkatkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer, Dinkes Soppeng Gelar Kick-off ILP Dihadiri Bupati dan Wabup Soppeng
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Tingkatkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer, Dinkes Soppeng Gelar Kick-off ILP Dihadiri Bupati dan Wabup Soppeng

    Kabartujuhsatu
    Kamis, 18 Juli 2024, Juli 18, 2024 WIB Last Updated 2024-07-19T01:41:29Z
    masukkan script iklan disini


    Soppebg, Kabartujuhsatu.news,
    Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng menggelar kegiatan Kick Off Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) Tingkat Kabupaten Soppeng yang dilangsungkan di Puskesmas Takalala, Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng Kamis, (18/7/ 2024).


    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng Hj. Andi Maria Razak, SE dalam laporannya menyampaikan bahwa, Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer merupakan upaya untuk menata dan mengoordinasikan berbagai pelayanan kesehatan primer dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan berdasarkan siklus hidup bagi perseorangan, keluarga dan masyarakat, mendekatkan pelayanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat Dusun, RT/RW, serta penguatan pemantauan wilayah setempat.


    Kata Dia,“Dengan penerapan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer, diharapkan seluruh masyarakat akan mendapatkan kemudahan akses serta pelayanan kesehatan primer yang komprehensif dan berkualitas".


    Dilaporkan bahwa,"Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperteguh komitmen Dinas Kesehatan dan Lintas Sektor dalam memberikan pelayanan yang terbaik sesuai semangat dan nafas Pemerintah Kabupaten Soppeng, pemerintahan yang selalu hadir bagi rakyatnya, dan selalu dekat melayani sesuai Visi Bupati Soppeng “SOPPENG YANG MELAYANI, MAJU DAN SEJAHTERA 2024”. Tuturnya. 



    Dikesempatan itu, Hj. AndinMaria Razak, juga menyampaikan bahwa Pada tahun 2024 ini, seluruh Puskesmas di Kabupaten Soppeng akan menjadi lokus pelaksanaan ILP dengan 1 Pustu dan 1 Posyandu per Puskesmas yang telah ditetapkan melalui Keputusan Bupati Soppeng Nomor 162/III/2024 Tentang Penerapan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer Pada UPTD Puskesmas, Pustu dan Posyandu Tahun 2024.


    “Kepada pihak Kementerian Kesehatan RI dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, kami sampaikan bahwa Kabupaten Soppeng saat ini belum mendapatkan pendampingan pihak ketiga dalam pelaksanaan ILP ini baik dari USAID Momentum maupun dari lembaga lainnya sehingga melalui kesempatan ini kami mohon kiranya pihak Kementerian Kesehatan dan Dinkes Provinsi Sulsel dapat memfasilitasi Puskesmas di Kabupaten Soppeng untuk dapat juga mendapatkan pendampingan tersebut. Mengingat bahwa tahun ini Kabupaten Soppeng 100% Puskesmasnya akan menerapkan ILP,”, harapnya.



    Sementara itu, Perwakilan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, H. Iwan Halwani, SKM, M. Si dalam sambutannya mengatakan bahwa, kesehatan merupakan hal yang penting dalam menjalankan kehidupan dan keseharian kita. Jadi, marilah kita hidup sehat serta makan makanan yang sehat dan jika ada gangguan sedikit segeralah lakukan screening untuk mengetahui kondisi kesehatan kita sehingga dapat segera ditangani.


    “Kami di Kementerian Kesehatan selalu berusaha memberikan support untuk pembangunan kesehatan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Soppeng, kami akan melengkapi peralatan dan laboratorium puskesmas, sesuai dengan aturan yang berlaku di Kementerian Kesehatan”, janjinya.


    Iwan Halwani menuturkan bahwa, Terkait pelaksanaan ILP ini, diharapkan dukungan dari semua SKPD seperti mewajibkan setiap bulan pegawainya untuk melakukan screening, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Serta kami sampaikan pula kepada Bupati Soppeng dan para anggota forkopimda beserta seluruh jajarannya “untuk melakukan flexing melalui media sosial dengan maksud untuk mempromosikan layanan kesehatan di puskesmas sehingga ILP ini bukan hanya diketahui oleh para tenaga kesehatan tapi juga oleh seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Soppeng, bahwa Puskesmas Takalala telah disediakan berbagai layanan kesehatan yang juga ditanggung oleh BPJS”,.



    Dalam kegiatan yang sama,
    Bupati Soppeng, HA. Kaswadi Razak, SE berharap kegiatan kick off ini, akan mampu menguatkan komitmen bersama untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, sehingga transformasi sistem layanan yang dilakukan mampu berdampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat khususnya dalam aspek kesehatan.


    Kata Bupati, “Di Kabupaten Soppeng dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat, kami menyediakan menyiapkan pelayanan PSC (Public Safety Center) di setiap Kecamatan dengan harapan masyarakat Kabupaten Soppeng dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang baik”, ungkap Andi Kaswadi.


    "Hal ini kami lakukan lanjut Kaswadi, karena kesehatan merupakan aspek yang sangat vital dalam kehidupan kita.


    "Tanpa kesehatan yang baik, segala upaya pembangunan dan kemajuan akan terhambat, jelasnya.


    "Oleh karena itu, melalui acara ini, kita berkomitmen untuk terus meningkatkan integrasi pelayanan kesehatan primer guna memberikan pelayanan yang terbaik dan akan terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Soppeng, pungkas Kaswadi.



    Acara dilanjutkan penandatanganan Komitmen Bersama Lintas Sektor oleh Bupati Soppeng, para stakeholder dan seluruh pemangku kepentingan se Kab. Soppeng sebagai bentuk dukungan penuh dalam pelaksanaan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di Kabupaten Soppeng.


    Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi ILP oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel yang diwakili oleh Kabid Yankes, Ardadi, S.Farm.M.Kes dan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa oleh Andi Akmal Hasnan Ramli, S.STP.


    Turut hadir, Wakil Bupati Soppeng, perwakilan Anggota Forkopimda, Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, para Kepala SKPD terkait, para Camat, Kepala Desa/Lurah dan para Kepala Puskesmas bersama Pj Pustu dan kader Posyandu se Kabupaten Soppeng.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini