UPT Kementan Gelar BOC Volume 266, Sukses Berbisnis Melalui Kluster Hidroponik
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    UPT Kementan Gelar BOC Volume 266, Sukses Berbisnis Melalui Kluster Hidroponik

    Kabartujuhsatu
    Kamis, 04 Juli 2024, Juli 04, 2024 WIB Last Updated 2024-07-04T08:14:32Z
    masukkan script iklan disini


    Gowa, Kabartujuhsatu.news, Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman menyampaikan bahwa Indonesia harus menjalankan pertanian efektif, efisien, dan transparan melalui pengembangan pertanian maju, mandiri dan modern yang dimotori oleh petani milenial.


    Untuk itu, Amran menambahkan Kementan sangat berkomitmen mendukung pengembangan pengusaha-pengusaha muda sektor pertanian di seluruh Indonesia.


    Untuk menciptakan pengusaha muda di sektor pertanian, Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) memfasilitasi para pengusaha muda untuk berbagi informasi terkait sukses bertani dan berwirausaha produk pertanian yang baik melalui program Bertani On Cloud (BOC).


    Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku sebagai UPT BPPSDMP mendapat amanah untuk menggelar BOC Volume 266 dengan tema “sukses berbisnis melalui kluster hidroponik” dengan narasumber Agung Wirawan sebagai Owner Gowa Hydrofarm, Kamis (4/7/2024).


    Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, dalam arahannya dirinya menyampaikan bahwa perkembangan pertanian beriringan dengan perkembangan teknologi.


    “Dulu orang-orang menanam di tanah, sekarang kita bisa memanfaatkan air sebagai media tanam,” ucapnya. 


    Dedi menambahkan bahwa sekarang tanah semakin hari semakin sedikit dan apabila kita mengandalkan tanah maka kita mengalami kesulitan.


    “Walaupun lahan kita sempit, kita masih bisa melakukan budidaya, menghasilkan oksigen, menghasilkan pangan. Bikin saja hidroponik,” ajaknya.


    Sementara itu, Agung Wirawan menjelaskan motivasinya mendirikan usaha hidroponik karena ingin memotivasi pemuda untuk terjun ke dunia pertanian.


    “Saya berani berkata, saya lebih memilih untuk menjadi petani dari pada bekerja di tempat lain,” ungkapnya.


    Dalam merintis usaha hidroponik, Agung tentu saja melalui berbagai proses seperti upgrade bahan greenhouse dan tambah lubang produksi, menjalin mitra dengan toko, petani hingga menembus pasar supermarket.


    Agung juga berbagi tips menjalankan usahanya yaitu fokus pada kepuasan pelanggan, selalu belajar, bangun relasi, memulai dengan bisnis kecil, disiplin, berani dan sabar.


    (Red) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini