Mengantar dari Desa Tertinggal Menjadi Desa Mandiri, Mantan Kades Timusu Firdaus Terima Penghargaan
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Mengantar dari Desa Tertinggal Menjadi Desa Mandiri, Mantan Kades Timusu Firdaus Terima Penghargaan

    Kabartujuhsatu
    Sabtu, 17 Agustus 2024, Agustus 17, 2024 WIB Last Updated 2024-08-18T02:32:48Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Mungkin tidak lepas dari ingatan kita sosok Firdaus, S.Sos yang penuh dedikasi dan integritas selama menjabat Kades Timusu Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.

    Selama menjabat 2 periode Kades Timusu Firdaus dengan sejumlah inovasi dan prestasi telah di torehkan untuk membawa Desa yang sebelumnya tertinggal menjadikan Desa yang Mandiri.

    Dengan kiprahnya tersebut yang saat ini sudah menjadi purnabakti selaku kepala Desa Timusu, namun di hari peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ke 79 tahun 2024, Mantan Kades Timusu diganjar penghargaan oleh Pemerintah Kabupaten Soppeng.

    Penghargaan itu diterimanya saat acara malam resepsi dan syukuran dalam acara kenegaran yang dilangsungkan di Rujab Bupati Soppeng Sabtu malam17 Agustus 2024.

    Dikesempatan itu, Firdaus menerima Penghargaan atas dedikasinya dan kerja kerasnya saat masih menjabat Kepala Desa dua periode yang berhasil mengantar Desa Timusu Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng sebagai Desa Mandiri yang pertama di Kabupaten Soppeng.

    Untuk mencapai keberhasilan tersebut bukanlah hal yang mudah karena harus memulai berbagai tahapan, apalagi awalnya Desa Timusu adalah termasuk Kategori Desa Tertinggal bersama beberapa Desa lainnya, namun berbagai inovasi yang dilakukan oleh Firdaus bersama masyarakat Desanya, akhirnya predikat Desa tertinggal bisa tanggalkan menjadi Desa berkembang, dan tidak menunggu waktu yang lama, mereka menaikkan kategorinya menjadikan Desa Maju.

    Setahun menyandang sebagai Desa Maju akhirnya di tahun 2022 oleh Pemerintah pusat menganugerahi sebagai Desa Status Mandiri.

    Firdaus mengungkapkan, "Sebagai mantan Kepala Desa Timusu Firdaus saya berharap kepada penerus kepemimpinan Desa Timusu nanti agar dapat mempertahankan atau bahkan lebih meningkatkan lagi Inovasi-Inovasi agar dapat mewujudkan Desa yang lebih berprestasi demi untuk kesejahteraan warga Desa tandasnya, ahad (18/8/2024). 

    "Apalagi Desa Timusu sudah terukir nama di Tingkat Nasional, terang Firdaus. 


    Menurut Firdaus, "Bagaimanapun juga tidak bisa dipungkiri Desa Timusu dikenal di Daerah ini sebagai Desa yang penuh prestasi diantaranya prestasi yang pernah ditorehkan adalah Nominasi Desa Terbaik Tingkat Nasional dalam Kategori Pengelolahan Dana Desa dengan skala Prioritas oleh Kementerian Desa RI. 

    Kemudian, "Dua kali berturut turut menerima penghargaan tingkat nasional sebagai Desa Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup. 

    Selanjutnya, Sebagai Desa Terbaik Ketiga Nasional dalam kegiatan Restorasi Justice oleh Kejagung RI. 

    "Desa Terbaik Kedua Nasional dalam lomba Pangan Aman Desa oleh BPPOM  RI dan berbagai prestasi ditingkat Provinsi dan Kabupaten, sebutnya.

    Firdaus mengajak seluruh elemen masyarakat Timusu untuk membangun kebersamaan dalam membangun Desanya ujarnya usai menerima penghargaan tersebut. 

    Sekadar diketahui, untuk saat ini sudah ada  6  Desa di Kabupaten Soppeng diluar Timusu yang menyusul akan mendapatkan status Desa Mandiri dan menerima penghargaan yang serupa  yakni Desa Lompulle, Desa Belo, Desa Patampanua, Desa Donri Donri, Desa Leworeng dan Desa Panincong. 

    (Red) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini