Mismubarak Putra Asal Soppeng Raih Gelar Doktor Bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Mismubarak Putra Asal Soppeng Raih Gelar Doktor Bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir

    Kabartujuhsatu
    Kamis, 05 September 2024, September 05, 2024 WIB Last Updated 2024-09-05T17:33:40Z
    masukkan script iklan disini

    Jakarta, Kabartujuhsatu.news, Universitas PTIQ Jakarta menggelar sidang Promosi Ujian Terbuka Program Doktor Bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir di Gedung Auditorium Kampus, Kamis 05 September 2024.

    Mismubarak salah satu putra kelahiran Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan juga dijadwalkan ikut serta Ujian Terbuka Promosi Doktor.

    Sidang berjalan lancar yang dipandu Ketua sidang Direktur Pascasaraja PTIQ Jakarta H.M Darwis Hude, Sekretaris Sidang Ketua Jurusan Program Doktor Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Muhammad Haryadi, dan anggota sidang Pembimbing dan Penguji.

    Promovendus Mismubarak mempertahankan Disertasi berjudul “Politik Identitas dalam Tafsir Al-Misbah (Tela’ah Konseptual Pemikiran M.Quraish Shihab dan Implikasinya pada dinamika politik Indonesia).

    Tim penguji memutuskan, Promovendus Mismubarak lulus dengan nilai Ujian 91. Sangat memuaskan dengan IPK akhir 3.89 dan tercatat sebagai Salah satu Doktor lulusan Universitas PTIQ JAKARTA.


    Riwayat Hidup Misbah :

    Mismubarak, anak ke-5 dari 7 bersaudara ini Akrab dipanggil Misbah. Lahir di Enrekeng, 05 Juni 1993 sebuah desa di Kecamatan Ganra, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan dari pasangan suami Istri Sabri Mustakim dan Hj. Marhumi Anas. 

    Sejak kecil berstatus Sebagai anak yatim, ia menghabiskan masa kecilnya dikampung bersama orangtua dari Almarhum Bapak di Cempa, Desa Paroto, Kecamatan Lilirilau. 

    Kampung yang sarat dengan keindahan alam dan budaya lokal.

    Setelah menempuh Pendidikan di SDN 122 Kecce, Soppeng.

    Kemudian melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Yayasan Perguruan Islam Ganra, Soppeng dari jenjang Madrasah Tsannawiyah sampai jenjang Madrasah Aliyah selama 6 tahun. 

    Dipesantren ini Mismubarak mendalami Ilmu Agama dan Umum serta mengasah berbagai keterampilan yang membentuk karakter dan kedisiplinannya. 

    Dipesantren, ia juga mengukir banyak prestasi diantaranya, menjuarai tingkat Kabupaten lomba pidata bahasa indonesia, Hifdzil Qur’an Putra dan mewakili Kabupaten ditingkat Provinsi sebagai salah satu Atlet Cabang Olahraga Sepak Takraw.

    Lulus di Pesantren tahun 2011, kemudian berbekal tekad yang tinggi dan semangat pantang menyerah, dirinya berhasil mengatasi berbagai rintangan dan kesulitan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. 

    Ia kemudian melanjutkan ke jenjang pendidikan strata satu pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir prodi Ilmu Hadis dengan lulus seleksi beasiswa program khusus (2011-2015). 

    Selama kuliah dimakassar Mismubarak pernah menjabat sebagai Sekretaris dan Ketua Umum Dewan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Filsafat dan Politik periode 2014-2015. 

    Setelah itu, ia Hijrah ke Jakarta dan melanjutkan Strata Dua di Institute Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (2016-2019). 

    Tak berakhir disitu, ia kemudian kembali melanjutkan Program Doktor Ilmu Al-Quran dan Tafsir pada Universitas PTIQ Jakarta (2020-2024).

    Selama Kuliah, ia aktif terlibat dalam berbagai organisasi mahasiswa dan kepemudaan, baik didalam kampus maupun diluar kampus. 

    Pengalaman organisasi ini tidak hanya memperkaya pengetahuan dan keterampilannya, tetapi juga memperluas jaringan pertemanan dan kerjasama. 

    Melalui berbagai posisi yang pernah diembannya, ia belajar tentang kepemimpinan, kerja tim dan manajemen waktu. 

    Keterlibatan dalam organisasi juga memberinya kesempatan untuk berkontribusi secara langsung kepada masyarakat, mengembang berbagai program dan kegiatan yang bermanfaat bagi sesama.

    Mismubarak adalah pejuang ilmu yang pantang menyerah, selalu berusaha memberi yang terbaik untuk banyak orang. 

    Dengan semangat dan dedikasi yang tiada henti, ia terus berupaya untuk memberikan kontribusi nyata melalui pendidikan, tulisan dan berbagai aktivitas sosial.


    Terkonfirmasi sampai saat ini, Ucapan karangan bunga sebagai tanda syukur ucapan selamat dan sukses dari berbagai tokoh negara bertengger di pekarangan Kampus.

    (Red) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini