Orang Tua Murid dan Guru Bersinergi Dalam Membina Peserta Didik di SDN.3 Lemba
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Orang Tua Murid dan Guru Bersinergi Dalam Membina Peserta Didik di SDN.3 Lemba

    Kabartujuhsatu
    Sabtu, 21 September 2024, September 21, 2024 WIB Last Updated 2024-09-21T08:59:02Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Tampak keseruan dan pembelajaran menyenangkan bagi peserta didik kelas 1A dan 1B hari ini di SDN.3 Lemba yang begitu riang nan gembira, bagaimana tidak! mereka sedang belajar membuat kue tradisional khas Bugis yakni onde-onde, apalagi mereka sedang didampingi oleh Bunda-bundanya yang bertindak sebagai narasumber pada kegiatan ini. Sabtu (21/9/2024).

    Kolaborasi antara guru dan orang tua murid sangat penting untuk mendukung perkembangan anak secara menyeluruh. 

    Kedua belah pihak memiliki peran yang berbeda namun sama-sama penting dalam memberikan pendidikan dan pembelajaran yang baik bagi anak.

    Guru memiliki tanggung jawab dalam memberikan materi pelajaran dan membimbing anak dalam proses pembelajaran di sekolah, sedangkan, orang tua memiliki tanggung jawab dalam mengasuh anak di rumah serta mendukung kegiatan belajar anak di sekolah.

    Kepala SDN.3 Lemba, Falmunadi, S.Pd menjelaskan bahwa kolaborasi yang baik antara guru dan orang tua dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan perkembangan anak secara maksimal. 

    Fasilitator (guru) dan orang tua bisa saling berbagi informasi tentang kemajuan atau kendala yang dihadapi oleh anak. 

    "Oleh karena itu, kolaborasi orang tua dan sekolah dapat memberikan dukungan untuk mengatasi masalah dan tantangan pendidikan siswa melalui komunikasi yang terbuka dan memastikan siswa mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih baik. 


    "Selain komunikasi, dimensi kolaborasi mencakup, saling percaya, saling menghargai, dan kerja sama. Tutur Kepsek Adi.

    SDN 3 Lemba saat ini sedang merintis dan membamgun beberapa progam kegiatan yang dapat meningkatkan kolaborasi antara Fasilitator (Guru) dan orang tua murid, seperti pada kegiatan hari ini dan hal-hal yang menunjang pembinaan peserta didik, serta kegiatan-kegiatan sosial di lingkungan luar/masyarakat, dan lain sebagainya.

    Pada proses kegiatan pembelajaran kali ini, khususnya proses tahapan P5 di kelas 1, guru (sebagai fasilitator) sengaja mengundang orang tua murid untuk bertindak sebagai narasumber di sekolah.

    Sementara itu, kedua wali kelas 1A dan 1B menjelaskan bahwa strategi yang kami bangun seperti yang sudah dilakukan rekan sejawat sebelumnya bahwa “Kami ingin bersinergi dan berjalan beriringan serta aktif dalam menjalin kerjasama dan berkomunikasi dengan baik agar tujuan bersama dalam menciptakan generasi yang berkualitas dapat dicapai,”Tutur ibu guru.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini