Natalius Pigai Sang Aktivis Jadi Menteri HAM di Kabinet Merah Putih Pemerintahan Presiden Prabowo Subianto
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Natalius Pigai Sang Aktivis Jadi Menteri HAM di Kabinet Merah Putih Pemerintahan Presiden Prabowo Subianto

    Kabartujuhsatu
    Selasa, 22 Oktober 2024, Oktober 22, 2024 WIB Last Updated 2024-10-23T01:55:14Z
    masukkan script iklan disini

    Potret Menteri Hak Asasi Manusia (HAM), Natalius Pigai.


    Jakarta, Kabartujuhsatu.news, Natalius Pigai merupakan seorang aktivis asal Papua. Kini dirinya resmi menjadi Menteri Hak Asasi Manusia (HAM) di Kabinet Merah Putih Pemerintahan Prabowo Subianto.


    Sebelumnya, Natalius telah mengabdikan dirinya menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) selama 15 tahun. Ia diketahui bekerja di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.


    Atas dedikasinya dalam membela HAM akhirnya Natalius Pigai resmi dilantik, Senin (21/10/2024) kemarin di Istana Negara. Usai pelantikannya, ia mengakui bahwa dirinya besarkan dari keluarga miskin.


    Pria kelahiran Paniai, Papua Tengah, 25 Desember 1975 ini, pernah menjadi Juru Parkir di Kementerian Transmigrasi RI. Setelah lulus dari sekolah Tinggi Pemerintah Masyarakat Desa di Yogyakarta. Ia langsung memperoleh gelar Sarjana Ilmu Pemerintah (S.I.P).


    Pada tahun 1999-2004, Natalius menjabat sebagai staf khusus Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi selama lima tahun. Pada tahun 2003, ia mengambil pendidikan statistika di Universitas Indonesia dan melanjutkan pendidikanya sebagai peneliti di LIPI pada 2005.


    Pada 2006-2008, Natalius dipercaya merancang siaran langsung yang membahas ranah politik dan pemerintahan selama dua tahun. Kemudian, pada 2010-2012, menduduki jabatan penting sebagai Konsultan Deputi Pengawasan BRR Aceh Nias, Tim Asistensi di Dirjen Otda Kemendagri.


    Natalius telah terlibat dalam beberapa program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengalaman ini membuatnya paham tentang dinamika dan tantangan di lapangan.


    Tidak hanya itu, dirinya juga pernah menjadi anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) periode 2012-2017. Sebagai Komisioner Komnas HAM Periode 2012-2017, Natalius dikenal aktivis yang berani menyuarakan hak-hak masyarakat, khususnya terkait isu HAM.


    Sebelum bekerja menjadi Komisioner HAM, sempat menyelesaikan pendidikan Kepemimpinan di Lembaga Administrasi Negara pada 2010-2011. Ia lulus mendapatkan predikat terbaik. 


    Dalam perjalannya, Natalius pernah tergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. Pada saat itu, Natalius pernah menyebut bahwa calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto bersih dari kasus dugaan pelanggaran HAM.


    Bahkan, ia mengatakan, jika ada pihak yang menyebut Prabowo sebagai pelaku pelanggaran HAM itu merupakan bentuk penghinaan. Selain itu, dirinya juga menyebut bahwa nama capres lain yang ikut dalam kontestasi Pilpres 2024 tidak masuk daftar nama pelaku pelanggaran HAM.


    (Red/Antara)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini