Pesona Massonri Golla Bersinar di Panggung Hari Jadi Sulsel ke-355
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Pesona Massonri Golla Bersinar di Panggung Hari Jadi Sulsel ke-355

    Kabartujuhsatu
    Minggu, 20 Oktober 2024, Oktober 20, 2024 WIB Last Updated 2024-10-21T02:12:21Z
    masukkan script iklan disini


    Makassar, Kabartujuhsatu.news, Tarian Massonri Golla berhasil mengharumkan nama Kabupaten Soppeng dalam Karnaval Budaya Benteng Somba Opu dalam rangka Hari Jadi Sulawesi Selatan ke 355 yang digelar pada 18-19 Oktober 2024 di Makassar. 

    Tarian Massonri Golla, yang dibawakan oleh 80 penari dari personil UPTD Wilayah Pendidikan Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, berhasil memukau dewan juri dan meraih juara 3.


    Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng Dr. Karim, M.Pd menjelaskan tentang tarian ini yang menceritakan kisah masyarakat Soppeng yang gigih memproses gula merah dari pohon aren. 

    Setiap gerakan dan properti yang digunakan, seperti tenreng, pababba unga, dan panggaru golla, memiliki makna mendalam yang menggambarkan semangat dan harapan hidup masyarakat Soppeng.


    Dijelaskan bahwa, Filosofi gula merah yang melambangkan ketentraman dan harmoni semakin memperkaya makna dari tarian ini. 

    Pesona Budaya Soppeng Bersinar di Karnaval Benteng Somba Opu. 

    Karnaval Budaya Benteng Somba Opu tidak hanya menjadi ajang perlombaan, tetapi juga menjadi panggung untuk menampilkan kekayaan budaya Sulawesi Selatan

    Kabupaten Soppeng berhasil mencuri perhatian dengan tarian Massonri Golla yang unik dan penuh makna. 

    Melalui tarian ini, Soppeng tidak hanya mempromosikan budayanya, tetapi juga potensi pariwisatanya. 

    Keindahan alam Soppeng yang kaya akan pohon aren, bahan baku utama pembuatan gula merah, semakin memperkuat daya tarik tarian ini.

    (Red) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini